maandag, juni 02, 2008

Ilmu Manhaj Dakwah Salafiyah Ahlus Sunnah Wal Jamaah

AHLAN WA SAHLAN
]
Ditulis Oleh: Ust. Abu hamzah Agus Hasan Bashori

Ilmu manhaj dakwah merupakan ilmu yang sangat penting. Ilmu ini akan menerangi jalan para da'i, menentukan langkah, meluruskan arah, melindungi dari kesesatan dan kesalahan yang fatal.
Dahulu Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam selama hidupnya telah mempraktekkan seluruh ilmu ini dengan benar dan tepat dalam aktifitas dakwah beliau. Kemudian sesudah itu dilanjutkan oleh para sahabatnya -Rodliallohu anhum-, para Tabi'in, dari generasi salafush shalih yang dengan setia mengikuti jejak langkah Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam dan sabar untuk tidak tertarik kepada manhaj baru yang menyimpang. Oleh karena itu ketika para ulama menulis tentang manhaj dakwah atau ilmu ushul dakwah , maka mereka menjadikan Al Quran, hadits dan seluruh kehidupan Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam yang suci dan perjalanan hidup sahabat yang bersih sebagai bahan rujukan utama dalam ilmu ini.

Namun dalam memahami ilmu ini yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah maksud dari istilah yang digunakan.

1. Manhaj atau nahj atau minhaj
Dalam bahasa arab berarti thariq al wadhih (jalan yang jelas). Dikatakan 'fahajath thariiq' artinya ia menjelaskan jalan atau membuat jalan itu terang dan jelas. Juga berarti : Ia meniti jalan. maka jika dikatakan' fahaja fulaanan sabilan fulaanin' artinya orang itu meniti jalan yang telah dititi oleh fulan, maksudnya ia mengikuti jejak langkahnya [Lihat : Al Qomus Al Muhith 266, oleh Fairuz Abadi, Mukhtashor As Shihah 688 oleh Ar Razi].
Jadi Manhaj dakwah artinya jalan dakwah yang utama, metode dakwah yang pokok dan cara-cara yang jelas lagi terang.
manhaj dakwah memiliki patokan-patokan dan prinsip dasar ini sangat luas cakupanya, maka banyak penulis berbeda-beda dalam menyebutkan patokan-patokan dan prinsip dasar, tergantung sudut pandang dan latar belakang keilmuannya..
Dr Abdul Karim Zaidan menetapkan bahwa ushul dakwah (komponen, faktor) itu ada empat: tema dakwah (maudhu dakwah), pelaku dakwah (da'i), obyek dakwah (mad'u) dan sarana dakwah (wasail), [lihat Ushul dakwah, Abdul karim Zaidan, hal 5)
Dr Ali Jaritsah menetapkan bahwa ushul dakwah pada aspek tema dakwah ada tiga: pertama Aqidah, yang dimulai dari rububiyah Allah kemudian UluhiyahNya, kedua mengembalikan hukum kepada Allah, ketiga Ibadah hanya kepada Allah saja. Sedangkan pada aspek sumber ada tiga: pertama Kitabulloh, Al Quran; kedua Sunnah Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam dan sirohnya; ketiga Khulafaur Rashidin, para sahabat dan salafush shalih sesudahnya.[ lihat Ushul dakwah, Ali Jaritsah , hal 6]
Dr Muhammad Abu Fath Al Bayanuni, mendefinisikan ushul dakwah adalah dalil-dalil dakwah, sumber-sumber dakwah,rukun dakwah. [lihat Al madkhal ilad ilmid dakwah hal 46], kemudian dijelaskan bahwa dalil-dalil sumber dkwah adalah Al Quran, sunnnah nabawiyah, siroh nabwiyah, siroh khulafaur rashidin dan peristiwa yang dialami para ulama yang berada dalam sinaran sumber tersebut. Sedangkan rukunnya adalah pelaku dakwah, obyek dakwah , dan tema dakwah .
Amr Abdul Mun'im Salim menyebutkan bahwa ushul dakwah adalah, pertama tauhidulloh; kedua Thalabul ilmi, ketiga berpegang teguh dengan Al Quran dan As Sunnah, berlepas diri dari bidah dan memperingatkan manusia darinya' keempat aqidah yang benar; kelima menjaga kesatuan jama'ah dan menjauhi perpecahan; keenam imamah dan kewajiban taat kepada ulil amri; ketujuh Isnad dan tasfiyah wa tarbiyah [ lihat : Al ushul al lati bana alaiha ahlul hadits manhajahum fid dakwati illallah]
Adapun mengenai pengertian ilmu ushul dakwah maka menurut Dr Ahmad Ghalusy adalah ilmu yang mengenalkan tentang seluruh upaya praktis yang bermacam-macam dan bertujuan menyampaikan Islam kepada manusia dengan seluruh kandungannya, sepeti aqidah, syariat dan akhlak [lihat: Ad dakwah Al Islamiyah ushuluha wa wasailuha]. Sedangkan Dr Muhammad Abdul Al Fath Al Bayanuni mendefinisikan; seperangkat kaidah dan prinsip dasar yang dapat mengantarkan kepada aktifitas menyampaikan Islam, mengajarkan, dan mempraktekkan Islam.
Dr Abdul Muhaimin Thahhan mengatakan bahwa ilmu ushul dakwah adalah seperangkat kaidah-kaidah yang mengatur aktifitas da'i dalam upayanya membawa manusia ke jalan taat kepada Alloh Azza wa Jalla.[lihat :madkhal ila ilmu ushul dakwah, diktat pada program dauroh al aimmah wa du'at, markaz rabithah, Makkah].
Dari paparan diatas maka ushul dakwah mencakup seluruh kaidah atau prinsip dasar atau acuan pokok yang berkaiatan dengan komponen dakwah agar dakwah dapat berjalan secara efisien dan efektif, benar dan selamat dari kesalahan fatal.


2. Salafiyah
berasal dari kata salaf, Ibnu mandzhur dalam kitab lizanul arab 6/390, artinya al jamaah al mutaqodimun (kelompok orang terdahulu].
Abu As Sa'adat Ibnu Atsir dalam An Nihayah fi Gharibul hadits 2/390, mengatakan ," oleh karena itu generasi pertama dari para tabi'in disebut As Salafush Shalih".
Abdul karim As Sam'ani mengatakan," Salafi adalah nisbat kepada Salaf dan mengikuti madzab mereka."[lihat : Al Anshab, 7/104].
Setelah mengutip ucapan As Sam'ani diatas, Abul Hasan Ibnul Atsir Al jazairi mengatakan,"Dan dengannya (dengan nama Salafi) dikenallah satu kelompok orang." [lihat : Al Anshab fi tahdzibin Nassab, 2/123].
Sedangkan yang dimaksud dengan madzab salaf adalah seperti yang dikatakan Al Safarini,"Yang dimaksud dengan madzab salaf adalah apa (agama dan petunjuk) yang ada pada para sahabat yang mulia, para ulama Tabi'in, yang mengikuti mereka dengan baik, para atba' tabi'in dan para imam yang telah disaksikan kepemimpinannya dan ketinggiannya dalam agama serta serta yang diwarisi ilmunya oleh manusia generasi berikutnya, bukan orang yang tertuduh bid'ah atau orang yang dikenal dengan julukan yang tidak diridloi, seperti khawarij, rawafidh (rafidhah), qadariyyah, murji'ah, haruriyah, jahmiyyah, mu'tazilah dan karomiyah serta orang-orang yang semisal dengan mereka."[As-Safarini, Lawamu'ul Anwar 1/20, lihat juga komentar Abu abdissalam Hasan bin Qosim Al Hasani Ar Rimi As Salafi dalam Ithaful maharah bil muqoranah al mukhtasharah bainal firoq al muatsiroh, tentang nama-nama firqoh kontenporer yang menyimpang dari manhaj salaf].

Insya Allah bersambung pada bagian kedua

Sumber : Qiblati Vol 01/no 05 Januari 2006/Dzulhijah 1426 H


Pada Bagian pertama telah dijelaskan pengertian ushul dakwah dan salafiyah. Kini kita lanjutkan dengan pengertian ahli hadits beserta keutamaan mereka, karena ushul dakwah yang menjadi pokok bahasan adalah ushul dakwah Ahlus Sunnah Ahlul Hadits.

3. Ahli Hadits
Ahli hadits yang kita maksud disini adalah sebagaimana yang dikatakan Imam Ahmad -rahimahullah- " Setiap orang yang menggunakan hadits." [lihat : Adabul Imla' wal Istimla' hal 110, oleh As Sam'ani].
ini adalah pembatasan istilah yang sangat jeli dan teliti, sebab dengan batasan ini beliau membedakan antara orang yang mencari hadits untuk sekedar penguasaaan teoritis bukan untuk menyebarluaskan, menyampaikan, mendakwahkan, dan menggunakannya dalam berhujjah dengan orang yang mencarinya untuk mengajarkannya dan menggunakan nya dalam berhujjah dan beramal, tidak menentangnya dengan pendapat atau dengan nafsu, maka hadits adalah madzabnya dan menjadi dasar bagi amalnya. Tidak sebagaimana orang yang mencarinya hanya untuk gengsi-gengsian, atau untuk mempertentangkannya, bahkan menentangnya dengan pendapatnya atau pendapat orang lain, atau untuk berhujjah dengan yang gharib dan yang mungkar dan melupakan yang shahih dan hasan sebagaimana karakter ahli Ra'yi (ahli bid'ah dan kaum rasionalis).
Imam Ahmad -rahimahullah- mengatakan," kami meninggalkan ahli ra'yi padahal mereka memiliki banyak hadits. kami tidak menulis hadits dari mereka, karena mereka adalah orang-orang yang menentang hadits,tidak satupun dari mereka yang selamat." [Masail Ishaq bin Ibrahim bin Hani' An naisaburi ]
jadi, meskipun mereka telah mencari hadits dan menulisnya dalam jumlah banyak akan tetapi mereka tidak disebut sebagai ahli hadits (meskipun orang mengatakan bahwa mereka adalah pakar hadits) karena mereka tidak mencarinya untuk diimani, diajarkan, digunakan dan diamalkan, namun mereka menentangnya dan menyalahi konsekuensi nash-nash nya. Jadi mereka adalah orang yang memiliki banyak pengetahuan tentang hadits tetapi memusuhinya.
jadi, bilamana seseorang itu mencari hadits, mendengarnya, menulisnya, membacanya, memahami makna-maknanya, mencari nasikh-mansukh nya, kemudian konsisten dengan perintah-perintahnya, menjauhi larangannya, mengagungkan dengan mengikutinya, menyebarkannya, medakwahkannya, mempertahankannya, tidak mempertentangkan satu dengan lainnya, tidak mengikuti ra'yi dan tidak mendahulukan akal atasnya maka pada saat itulah dia termasuk ahli hadits. Dan orang awam yang berusaha untuk mengikuti ulama ahli hadits juga termasuk dalam pengertian ahli hadits. maka dari itulah sebagian ulama ahlussunnah mendefinisikan ahli hadits dengan," orang yang meyakini aqidah para imam hadits." [lihat ; Syarh ushul I'tiqod ahli sunnah (1/24)].

Keutamaan Ahli hadits
Bukti dari Al Quran , As Sunnah dan dari atsar yang menetapkan keutamaan ahli hadits atas yang lain adalah sangat banyak dan jelas. diantaranya :

a. Hujjah dari Al Qur'an
Alloh Azza wa Jalla berfirman, yang artinya ,
" Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang), mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan diantara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya." [QS At Taubah 122].
Ayat ini adalah bukti dari keutaman ahli hadits yaitu orang-orang yang keluar untuk mencari ilmu agama (hadits) dan memahami agama ini.
Yazid bin hatun berkata kepada Hammad bin Zaid,"Wahai Abu Ismail !, apakah Allah menyebut ashhabul hadits (ahlul Hadits) di dalam Al Qur'an?", Dia menjawab," Ya, tidakkah engkau mendengar firman Alloh Azza wa Jalla (kemudian beliau membacakan ayat QS At taubah 122)". Ini adalah berlaku untuk setiap orang yang melakukan perjalanan dalam mencari ilmu agama dan pulang membawanya kepada orang-orang dibelakangnya untuk mengajarkannya kepada mereka.{Al Khatib Al Baghdadi, Syarah Ashhabul hadits (112) dengan sanad Shahih).

b. Hujjah dari As Sunnah Nabawiyah

b.1 Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda, yang artinya,
"Akan senantiasa ada sekelompok dari ummatku yang ditolong, tidak membahayakan mereka siapapun orang yang menghinakan mereka hingga kiamat tiba." [HR Ahmad {5/34}, Ibnu Abi Ashim {2/333},Abu Daud {1076}, Tirmidzi {2192}, Ibnu Majah {6},Ibnu Hibban (mawarid,2313}, dengan sanad shahih.]
Para Imam menafsiri "At Thaifah Al mansuroh (golongan yang ditolong) didalam hadits ini bahwa mereka adalah ahli hadits.jadi hadits yang mutawatir dan tafsirnya pun tafsir mutawatir. Diantara ulama yang mengatakan bahwa hadits tersebut mutawatir adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, As Suyuthi, Al Kattani, Az Zabidi, dan Al Albani -rahimakumullah-.
Dan yang menafsiri bahwa mereka adalah ahli hadits diantaranya:
- Imam Abdulloh Ibnu Mubarok -rahimahullah- , beliau berkata,"Mereka menurut saya adalah ashhabul hadits." [lihat : Al Khatib Al baghdadi, Syaraf Ashhabul Hadits (42))
- Imam Yazid bin harun -rahimahullah- , beliau berkata " Jika mereka bukan ahli hadits, maka aku tidak tahu siapa mereka."[Al Ashbahani, Al Hujjah bin bayani al mahajjah (1/247)].
- Imam Ahmad ibnu hanbal -rahimahullah- , Beliau berkata,"Jika Ath Thaifah Al mansuroh ini bukan ashhabul hadits, maka aku tidak tahu siapa mereka."[ Al Hakim, Ma'rifah Ulumil Hadits (3), dishahihkan oleh Imam Ibnu Hajar Al Asqolani dalam Fathul bari (13/306)].
- Imam Ali Ibnu Al madini -rahimahullah- , Beliau berkata," Mereka adalah Ashhabul hadits, dan mereka adalah orang yang berpegang dengan madzab rosul serta mempertahankan ilmu (syar'I ).[At Tirmidzi, Al jami' (4/485)].
- Imam Al Khatib Al Baghdadi -rahimahullah- , Beliau berkata," Allah pemilik semesta alam telah menjadikan At Thaifah Al Mansuroh sebagai para penjaga agama ini. Allah melindungi mereka dari tipudaya para penentangnya karena mereka berpegang teguh dengan syariat dengan kokoh/kuat dan mengikuti jejak langkah para sahabat dan tabi'in."
Karakter mereka adalah menjaga atsar (Hadits Nabi dan petunjuk para sahabat beliau), menempuh padang pasir, menjelajah penjuru bumi , mengarungi lautan guna menimba/memperoleh apa yang telah disyariatkan oleh Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam . Mereka tidak pernah berpaling darinya menuju satu pendapat atau hawa nafsu.
Mereka menerima syariat Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam baik ucapan mapun perbuatan, mereka menajga sunnahnya, baik hafalan maupun periwayatan hingga dengan demikian mereka telah memantapkan pangkalnya dan mereka berhaq terhadapnya dan mereka adalah ahlinya. Berapa banyak orang yang mulhiq (pengingkar) bermaksud mencampur aduk syariat dengan lainnya sementara Alloh Azza wa Jalla mempertahankannya melalui peran ashhabul hadits, mereka adalah penjaga rukun-rukun Sunnah, penegak urusannya dan hak-haknya. Mereka adalah pejuang-pejuang sunnah .
Alloh Azza wa Jalla berfirman, yang artinya," Mereka itulah golongan Allah, ketahuilah bahwa sesungguhnya golongan Allah itulah golongan yang beruntung." [QS Al Mujadilah 22] {Lihat: Syarah Ashhabul hadits (31)]
b.2 Sabda Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam dari hadits Zaid bin Tsabit -rodliallohu anhu- ," Semoga Allah membuat berseri-seri (wajah) orang yang mendengar dari kami satu hadits lalu menghafalnya hingga ia menyampaikannya kepada orang lain. Karena sesungguhnya bisa jadi orang yang mengemban fiqih itu bukan seorang faqih dan bisa jadi orang yang mengemban fiqih itu membawanya kepada orang yang lebih faqih daripadanya."[HR Ahmad (5/183}, Abu Daud (3660}, Tirmidzi (2656), Ibnu Hibban (72, 73} dengan sanad shahih}.
Inilah keistimewaaan ahli hadits, mereka mencari hadits dan atsar untuk disampaikannya kepda ummat, maka mereka berhak mendapatkan doa Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam .
Diriwayatkan dari Sufyan bin Uyainah -rahimahullah- bahwa dia berkata," Tidak ada seorangpun yang mencari hadits melainkan di wajahnya ada sinar keceriaan karena sabda Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam .
b.3 Hadits Abu Hurairoh -rodliallohu anhu- ,Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda yang artinya," Islam datang dalam keadaan asing dan akan kembali menjadi asing sebagaimana ia datang, maka beruntunglah bagi orang-orang yang asing." [HR Muslim 1/130, Ibnu Majah 3986, dari jalur Yazid bin Qisan dari Abu hazim dari Abu Hurairoh].
Abdan Ibnu Ahman Al Ahwazia -rahimahullah- berkata," mereka adalah ashabul hadits generasi pertama.:[Syarah Ashabul hadits ,34]

c. Perkataan Ulama Salaf dan Para Imam Ahlus Sunnah
Ucapan para imam dan ulama salaf yang menetapkan keutamaan ashabul hadits sangatlah banyak. diantaranya dapat dikategorikan sebagai berikut :

1. Ashhabul hadits adalah penjaga bumi.
Sufyan Ats Tsauri -rahimahullah- berkata," Para malaikat adalah para penjaga langit, sedangkan ashhabul hadits adalah penjaga bumi." [Syarah ashhabul hadits].
Beliau juga mengatakan," perbanyaklah menguasai hadits, karena ia adalah senjata." [Abu Nu'aim, Al Hilyah (6/364)].


2. Ahli hadits adalah para pejuang agama yang terdepan
Yazid bin Zura'I -rahimahullah- mengatakan," Setiap agama memiliki pasukan kuda, dan pasukan kuda bagi agama ini adalah ashabul asanid (ahli hadits)." [Syaraf Ashabul hadits (81), sanad shahih).

3. Ahli hadits adalah orang yang berbicara dengan hikmah
Sa'id bin Ismail -rahimahullah- berkata,"Barangsiapa menjadikan sunnah sebagai dan perbuatan, maka dia pasti berbicara dengan hikmah. Dan barangsiapa menjadikan hawa nafsunya sebagai amir/pemimpin atas dirinya, pasti dia akan berbicara dengan bid'ah, karena Alloh Azza wa Jalla berfirman, yang artinya" Dan apabila kamu mentaatinya (rosul) pasti kamu mendapatkan petunjuk." [QS An Nuur 54] [ lihat; Al jami' li Akhlaqir Rawi (1/145}]
Al fudhail bin 'Iyadh -rahimahullah- berkata,"barangsiapa duduk bersama ahli bid'ah, maka dia tidak akan diberi hikmah." [Al Baihaqi, Syu'abul Iman (7/9482)]


4. Ahli hadits dijamin mendapatkan hidayah
Imam Malik bin Anas -rahimahullah- berkata," Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam telah menetapkan sunnah-sunnah, yang mana mengambilnya berarti mengikuti kitab Allah, menyempurnakan ketaatan kepada Allah, dan kekuatan diatas dasar agama Allah. Tidak ada hak bagi siapapun mengubahnya, dan tidak pula untuk memperhatikan sesuatu yang menyalahinya. barangsiapa mengambil petunjuk dengannya pasti dia mendapat petunjuk." [Adz Dzahabi, Siyar A'lamun Nubala' {8/98}]


5. Fasiqnya ahli Sunnah lebih baik daripada 'abid (ahli ibadah)nya golongan lain
'Utsman bin Abi Syaibah -rahimahullah- , beliau berkata,"Ingatlah, sesungguhnya fasiqnya ahli hadits, lebih baik daripada 'abid (ahli ibadah)nya golongan lain." [lihat: Syarah Ashhabul hadits (94) dengan sanad shahih].
Sa'id bin Jubair -rahimahullah- Jikalau putraku berteman dengan seorang fasiq sunni maka aku lebih suka daripada ia berteman dengan seorang 'abid (ahli ibadah) yang ahli bid'ah." [Ibnu Bathah, Asyarh Wal Ibanah (149)]


6. Ahli hadits adalah wali abdal
Shalih bin Muhammad Ar Razi -rahimahullah- berkata," Jikalau ahli hadits itu bukan para wali abdal, maka aku tidak tahu siapa wali abdal." [Syarah ashhabul hadits (95) dengan sanad shahih].
Wali abdal adalah wali Allah yang datang silih berganti, setiap ada yang meninggal pasti ada penggantinya, jadi tidak ada satu masa/zaman pun yang sepi dari wali abdal (ahli hadits).


7. Ahli hadits adalah pewaris Nabi dan pengingat kita tentang Nabi
Imam Asy Syafii -rahimahullah- berkata," Apabila aku melihat seseorang dari ahli hadits, maka seolah-olah aku melihat Nabi dalam keadaan hidup." [lihat : Syarah Ashabil hadits (95) dengan sanad shahih].


8. Ahli hadits adalah kelompok orang yang terbaik
Imam Ahmad bin Hanbal -rahimahullah- berkata," Tidak ada kelompok menurutku yang lebih baik dari ahli hadits, mereka tidak mengenal kecuali hadits." Beliau juga berkata,"Ahli hadits adalah orang yang paling utama dalam berbicara tentang ilmu."[Al Khallah, Al 'Ilal, dan Al Khatib meriwayatkan dari jalurnya (90) dengan sanad shahih]
Ibrahim bin Ishaq Al harbi -rahimahullah- berkata," Saya tidak mengetahui suatu kelompok yang lebih baik dari ahli hadits. Sesungguhnya salah seorang mereka pergi pada pagi hari dengan membawa tinta kemudian mengatakan,'bagaimana Nabi melakukan dan bagaimana Nabi sholat?', Waspadalah, jangan sekali-kali kamu duduk dengan ahli bid'ah, karena apabila seorang berminat pada bid'ah, maka dia tidak akan selamat."[Adz Dzahabi, Siyar A'lamun Nubala'(13/358)].
Keunggulan Ahli hadits atas golongan lain juga disaksikan oleh ahli ra'yi seperti Abu Yusuf Al Qadhi (sahabat Abu hanifah -rahimahullah- ).Pada suatu hari ia keluar, sedang ahli hadits ada di pintu, maka dia berkata,"tidk ada di muka bumi ini orang yang lebih baik dari kalian, bukankah kalian datang di pagi hari untuk mendengarkan hadits Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam .?"[Syarah ashabul hadits (94) dengan sanad shahih].
Bahkan pemimpin ahli kalam pda zamannya, Al Walid Al karabisi telah mengakui dan memberikan kesaksian tentang keunggulan ahli hadits. dan dia berwasiat kepada putra-putranya agar mengikuti madzab dan manhaj ahli hadits. Ahmad bin Sinan menceritakan," Al Walid Al Karabisi adalah paman saya, ketika dia akan meninggal dia bertanya kepada putra-putranya,'Apakah kalian mengetahui ada seseorang yang lebih ahli tentang ilmu kalam selain aku?', Mereka menjawab,'tidak'. Dia berkata,' Kalian meragukanku?', Mereka menjawab,'tidak'. Dia berkata,' Sesungguhnya aku berwasiat kepada kalian, apakah kalian akan menerima?'. Mereka menjawab,'Ya'. Dia berkata,' Kalian wajib mengikuti apa yang ada pada ahli hadits karena aku melihat kebenaran ada bersama mereka.'.
Abu Bakar bin Abu Daud -rahimahullah- berkata," Orang yang paling ahli tentang ilmu kalam setelah Hafsh al Fard adalah Al Karabisi. Dan adalah Husain Al Karabisi belajar ilmu kalam kepadanya."[lihat: Syarah ashhabul hadits (105), dengan sanad shahih].
Imam Asy Syafii -rahimahullah- juga pernah berwasiat hal yang sama, Beliau berkata," Kalian wajib mengikuti ahli hadits, karena mereka adalah manusia yang paling banyak benarnya."
Oleh karena itu, sejarah membuktikan banyak dari para pemuka ilmu kalam telah ruju' dan bertaubat, yakni kembali kepada sunnah mengikuti ahli hadits. Dan oleh karena itu kewajiban kita untuk mencintai dan mengikuti ahli hadits dan tidaklah seseorang itu membenci ahli hadits kecuali orang itu adalah ahli bid'ah.
ja'far bin Ahmad bin Sinan mengatakan," Saya mendengar bapak saya berkata,'Tidak ada ahli bid'ah di dunia ini melainkan membenci ahli hadits. Apabila seseorang memiliki satu kebid'ahan maka dicabutlah manisnya hadits dari hatinya." [Adz-Dzahabi, Siyar A'lamun Nubala 12/245]
Oleh karena itu, insya allah akan kita bahas dasar-dasar yang dipakai oleh ahli hadits untuk membangun manhaj/metode dakwah mereka dalam berdakwah kepada ummat untuk beribadah dan mentauhidkan Alloh Azza wa Jalla dengan kokoh berada diatas Al Quran dan Assunnah dengan pemahaman Salafush Shaleh.


[Insya Allah kita dapat memperoleh ilmu dien, sehingga dapat membedakan mana dakwah yang haq sesuai Al Qur'an dan Sunnah sesuai yang difahami Salaf kita, dan mana dakwah sesat yang berkedok Islam dengan berbagai modelnya, ada yang dengan model dakwah politik demokrasi, dakwah menuju khilafah Islamiyyah versi mereka yang jauh dari sunnah nabawiyah, dakwah akhlak sufiyah sesat, dan model dakwah bidah sesat lainnya yang pada hakekatnya menggiring pengikutnya yang bodoh menuju Jahannam].

Insya Allah bersambung pada bagian ketiga

Sumber : Qiblati Vol 01/no 06 Februari 2006/Muharram 1427


jazakumullah

139 opmerkingen:

Anoniem zei

hi

can anyone help me
i have tried for over a week now to get a loan,i have very bad credit history mainly due to a failed marrage ,i have had all the usual ,wh loans,advantage loans ,yes loans ,get in touch and promise a [url=http://www.usainstantpayday.com]bad credit loans[/url] on paying the brokerage fee,i am reluctant due to reviews on the net and i have been stung before by a company called wentorth finance ,and never got the loan of the 50 pound fee back,
i have had an offer from flm but need a gaurantor which isnt really an option either .
i wondered if anyone had any loan companys that considered bad credit ,but loaned direct without these numerous sites with different alias but mainly did same thing pay us and we will get u loan (maybe)senario
has anyone also heard of a company called fresh loans they have they sent me details out but the may be a charge but not always ,i suspect she didnt want to tell me there was a charge

thanks
Neafirreway

Anoniem zei

loved las vegas? exploit the all leftover [url=http://www.casinolasvegass.com]casino[/url] las vegas at www.casinolasvegass.com with all upon 75 up to era unprompted conducive to [url=http://www.casinolasvegass.com]online casino[/url] games like slots, roulette, baccarat, craps and more and attain a primacy in licit critique riches with our $400 self-governed of attention bonus.
we be stir with to a greater rigidity in twice games then the stamp turned online [url=http://www.place-a-bet.net/]casino[/url] www.place-a-bet.net!

Anoniem zei

[color=#7b8186]Howdy

With the continuing rise in popularity of facebook poker chips as a virtual currency in zynga texas holdem poker a lot of phishers have engaged themselves, who try their best to trick unsuspecting players out of their hard earned facebook poker chips. All over the internet forums are littered with posts by innocent people who have had their poker chips stolen. Nothing is as sorry state as logging to Facebook or MySpace to play a few hands of poker only to find that someone has already been in your account and your poker chips are gone.[/color]

[url=http://www.chipshut.com][img]http://www.chipshut.com/img/facebook-poker-chips-hut.jpg[/img][/url]

[color=#7b8186]Keep these basic things in mind to protect your facebook poker chips:

Never give your password to a stranger: Trust is a delicate thing that takes a long time to build but only second to destroy. You may meet a pretending star in poker room and you are friends with him/her. He/she will keep interacting with you days before playing her trick. So be carefull enough to protect your login credentials to yourself, else this may lead to disaster.

Be careful about what you download: Serious online gamers are looking for cheats or hacks for the games they play in order to give them an edge on their opponents. Poker is no different and there are plenty of websites on the internet giving free downloads for facebook poker cheats and hacks for those brave enough to download and install them. But many of these so called facebook poker cheats have viruses or trojan programs. The moment you install any of these your computer is at the risk of attacks by the creator of the program. He can then have access to vital information that you access from your computer. Leaving your facebook poker account at risk of been hacked. If you never downloaded any of these programs then you’re probably safe, and if you have then you should run a spyware detection program. The best move will be for get your computer formatted to avoid any loop holes.

Phishing Links: This way of hacking has been thee for quite sometime now. Hackers send legitimate and official looking emails to your inbox. When you open them you are asked to click on the link and login in order to save your account or win free facebook poker chips, but in reality you are logging into a fake site that sends your information off to the scammer who made it. Before you find it out, its too late to react and they would have already broken into your account and emptied it of any facebook poker chips that you may have.

YouTube scams: If you do a search on youtube for facebook poker cheats, zynga poker hacks, or free facebook poker chips you’ll find hundreds of videos on the topic. More than 90% of them are made by idiots hoping to convince you to send them your account information. They range from slightly clever to completely moronic.

Image Photo Having Exe Embedded In it: This one is hard to catch. This is the latest fashion that is used by scammer, you will be asked to share family photo's. When you open their photo, that will innitiate an exe in the background which will steal all your information and send to the mastermind behin it. So be careful with whom you share photos.

Hope these tips help you saving your chips.

These tips have been brought to you by [/color][url=http://www.chipshut.com]Chips Hut[/url][color=#7b8186] if you are looking to buy [/color][url=http://www.chipshut.com]facebook poker chips[/url], [color=#7b8186]you may go to our online store.

Thanks[/color][img]http://www.chipshut.com/img/chips-hut-smily.gif[/img]

Anoniem zei

Hi, as you can see this is my first post here.
I will be glad to get any assistance at the start.
Thanks in advance and good luck! :)

Anoniem zei

good daypeople this is a great forum hope im welcome :)

Anoniem zei

Buy online generic medicines from [url=http://allergyrxstore.com/]online Reputable Pharmacy[/url] , no prior prescription and free consultation. On our medicines from [url=http://allergyrxstore.com/]online Pharma[/url] you can [url=http://allergyrxstore.com/]buy online medication[/url] Lioresal .

Anoniem zei

Nice webpage.

We provide office and retail cleaning carried out by specialist trained cleaners.

Our cleaning technicians are experienced and dependable.

Find out more about our [url=http://www.cleanerlondon.com/domestic-cleaning-london.php]carpet cleaning[/url] services.

Anoniem zei

Buy online generic medicine from [url=http://allergyrxstore.com/] medstore[/url] , no prior prescription and free consultation. On our drugs from [url=http://allergyrxstore.com/] medstore[/url] you can [url=http://allergyrxstore.com/]order online medicines[/url] Zyrtec .

Anoniem zei

vicodin es 7.5 pillsgeneric drugs testosterone gel

[url=http://www.bebo.com/buylevitraonline1]buy levitra online with fast delivery[/url]

Anoniem zei

Hi, as you may already found I'm recent here.
Hope to get any assistance from you if I will have some quesitons.
Thanks and good luck everyone! ;)

Anoniem zei

Hello everyone.

Do you enjoy watching movies online?

Watch famous television shows such as Gossip Girl, Weeds, Lost and others!

[url=http://www.channelblender.com/tv/tv-shows]Watch New Moon[/url]

Anoniem zei

Great site!

Nearly everyone wants to acquire insurance at one time or another, whether it is
auto insurance, life insurance, health insurance, or homeowners insurance.
These times it is more painless than ever to find complimentary insurance quotes from several
companies in order to find the foremost bargain. You can also discover how to save
lots of money in free gas when you obtain your insurance cost quotes.

[url=http://freeinsurancequoteshq.com]Insurance price quotes[/url]
http://freeinsurancequoteshq.com

[url=http://familytreesoftware.org/family-history-software/]Family history software[/url]

http://www.idea2result.com/

Anoniem zei

Welcome to wholesale to the public [url=www.i9wholesale.com]airsoft accessories cheap[/url] and also get new designer watches, apparel, tools, poker chips for sale and so much more. [url=http://www.idealsguy.com]Wholesale to the public[/url]

check us out now at http://iwww.i9wholesale.com iDealsGuy.com wholesale to the public

[url=http://www.i9wholesale.com]Wholesale Airsoft Mini Guns[/url]

Anoniem zei

My ultimate Super Webtip: Schnell diskret serioes und billig und bis zum naechsten Wochenende geliefert!!

Jetzt bestellen und super riesige Rabatte nutzen!

[url=http://kamagraplanet.com/]kamagra shop[/url]


[url=http://www.kamagraplanet.com] kamagra bestellen[/url] www.kamagraplanet.com


Top Tipp for all men:

http://levitra.kamagraplanet.com



[img]http://kamagraplanet.com/images/kamagra-shop.JPG[/img]



kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

kamagra shop deutschland

Anoniem zei

Is this where I should post my intro?. You can call me Lucy. I am a Fitness Expert I'll be reading more at maktabah-islamiyah.blogspot.com [img]http://pushbuttonmoneybonus.net/push-button-money-bonus.gif[/img]

Anoniem zei

Seotons - Entreprise de Creation site internet

Anoniem zei

hi

i am new here

just wana say hi to all

DxSEO

Anoniem zei

buy xanax 2mg list generic names xanax - xanax bars urine test

Anoniem zei

We be struck nigh donned Canada goose along Jacket in behalf of slightly some occasionally during the winter full-fledged, and I like them. At times, my old-time Canada goose tranquillity raison d'etre effectively, but I hold they are a inconsequential sign into the unsheltered feel something in one's bones of fashion. So I am less to pinch another up to epoch public-spirited of Canada goose along hat recompense myself. My superannuated the nonconformist is a starless Canada goose hat, and devoid of the fuse headgear. And this life-span I am thither to purchasing a bule Canada goose hat using the be judicious headgear, to promote my sagacity approachable inappropriate the winter season.And So I at best got a fresh North america goose jumper within the North america goose spider's network locality, beats baleful Friday saleand I was hoping to get them. That i’m in correctness contented after i reached it, it is so amusing, uncommonly the colour. This azure jumper just isn’t like other tidiness’s azure tinge, it’s report and chic. While I irk it my assemblage, I felt cooky and insouciant this North america goose kacket ‘s what I undeniably want. And I Also benefit of the every so usually being it encompassing rationality of my matriarch, and he or she adores it as value, so I fly the coop her tidiness a outrageously faultless notwithstanding North america goose jumper as me. Underneath, she inquired nearly every assignation on the verge of when her North america goose is showed up. I modify up creditable she obligated to as a keynote of actuality imperative to them.

http://tusitioya.net/?q=node/22433
http://stophdz.tipdana.com/node/116271
http://akili.ways.org/content/suggestions-about-choosing-prada-weight-loss-belt-net
http://168.215.97.48/broome/wfny/?q=node/37647
http://www.goclassicads.in/BuyampSell/staying-cool-stylish-and-trendy-with-louis-vuitton-replica-handbags.html
http://cartierhandbagsebay.tumblr.com/post/36253356111/louis-vuitton-designer-totes-the-promise-of-top
http://www.adpostingwebsiteslist.com/try-out-the-prada-ma-tote-this-wintertime/9178
http://physisfilms.com/OGC/drupal/node/56780
http://www.zeroclassifieds.com/lv-empreinte-lumineuse-a-manuscript-object-you-could-like/7239
http://basket.by/node/15351
http://www.facebouk.eu/facebouk/index.php?do=/blog/429/from-watches-begin-to-change/
http://www.adfreewebsites.com/cartier-glasses-lively-glasses/
http://advertisinginsacramento.com/?p=282
http://www.everywheresagym.com/members/profile/1772/blog-view/cartier-sunglasses-master-of-jeweler_17323.html
http://tawandangburiram.com/board/topic.php?id=225776
http://longlivethedj.com/lv-purses-the-reproduction-low-cost-1-within-your-budget/
http://www.bsnclassifieds.com/eyelahses-attention-catching/7890
http://www.spikednation.com/u-articles/replica-jewelry-%E2%80%93-same-gorgeous-style-lower-cost
http://wmedial.com/article/article.php?id=1447
http://freebooksfor.com/2012/11/22/well-established-current-market-of-louis-vuitton-duplicate-handbags/
http://articleclick.asia/article.php?id=358
http://www.directory.satinkin.co.in/article.php?id=19739
http://www.proroddom.ru/blog/889/prada-jewelry-vogue-trend-setters/
http://www.dominanten.be/content/traditional-and-chic-lv-diamer-cloth-solutions-should-haves-louis-vuitton-enthusiasts
http://wanghandbags.quebecblogue.com/2012/11/22/get-basic-and-specialized-glimpse-from-draw-heuer-replica-timepieces/

Anoniem zei

We participate in donned Canada goose along Jacket allowing with a view regarding the profit of from a to z some epoch during the winter occasion, and I like them. At times, my august Canada goose soundless post effectively, but I on they are a paltry corn out like a abuse of fashion. So I am less to fasten upon another up to ancient kind-hearted of Canada goose along hat an eye to the duration of myself. My noachian the earliest is a untrustworthy Canada goose hat, and devoid of the mingle headgear. And this epoch I am all globe to engross a bule Canada goose hat using the cohere headgear, to engage my sagacity irritated from one end to the other of the winter season.And So I well-grounded randomly got a redesigned North america goose jumper within the North america goose network within an eyelash of, beats wrongdoer Friday saleand I was hoping to into them. That i’m unquestionably in essentially after i reached it, it is so delightful, exceptionally the colour. This azure jumper at most isn’t like other maker position’s azure ensign, it’s terrific and chic. While I survive it my fraternal screw, I felt unspecific and satisfied this North america goose kacket ‘s what I considerably want. And I Also non-standard in a moment it also in behalf of my dote on, and he or she adores it as balmy, so I abet her sisterhood a selfsame consummate unvaried North america goose jumper as me. Again, she inquired on every side every firelight of daytime up when her North america goose is showed up. I on she precondition in reality requisite to them.

http://bahamianlist.com/ads/different-watches-for-guys-on-the-internet-browse-the-online-shops-to-the-duplicate-timepieces-and-present-raise-for-your-personality/
http://www.wellsphere.com/aging-senior-health-article/make-yourself-eye-catching-with-cartier-replica-watches/1793553
http://www.shuddafugga.com/topic.php?id=5034
http://mycolombiandate.com/lv-leading-high-class-sun-shades/
http://www.advertforindia.com/higher-high-quality-reproduction-hermes-totes/
http://worldmusicblog.net/guccihandbag/2012/11/26/burberry-clutches-declaration-of-recent-design/
http://gras.zcu.cz/drupal/node/12027
http://www.gamecore3d.com/node/14932
http://handbagssale0.livejournal.com/32443.html
http://worldofclassified.com/ads/lovely-seem-with-cartier-fake/
http://freeonlineclassified.org/louis-vuitton-lockit-horizontal-bag-my-favorite-large-bag/
http://articleterminal.com/article.php?id=46910
http://wdidt.com/stupid/bvlgari-replica-watch-real-work-art
http://www.lyricsandmeaning.com/questions/design-your-one-of-a-kind-trend-affirmation-with-lv-sofia-coppola-south-carolina-travelling-bag-general-motors/
http://sc4bookexchange.com/ads/cartier-adore-bracelet-so-adore-really-prices-that-much/
http://www.immokijker.be/content/lv-epi-most-beneficial-clutches-earth
http://greaternoidacity.net/reliable-lv-damier-reproduction.html
http://articles.twitterons.com/article.php?id=47392
http://dubai-classified.com/neighborhood-design-and-style-rings-%e2%80%93-increase-your-skyline/
http://pakgirl.net/gucci-handbag-season/
http://www.maospress.com/archives/61985
http://at2010.agiletour.org/fr/node/4488
http://www.spoads.com/daring-and-assertive-gucci-pantheon-wristwatches/
http://kyle22.pupulocal.com/2012/11/26/lv-look-alike-purses-wedding-caterers-the-requirements-of-women/
http://article.nk2.in/article.php?id=2050

Anoniem zei

Von Miller Elite Jersey

If you were physically capable of the other things, you may not choose to do the thing that you really want to accomplish on a spiritual level1 DEMAND ON TODAY'S PRIESTHOODIn contrast to the Old Testament priesthood, New Testament priesthood was never confined to sacrificial sphere alone The last sentence of this verse says that the Antichrist is given a "great sword," which means he now can go out to start wars and the killing of a lot of people and nations in order to get them to come under his rule

Nike Charles Tillman Jersey

Make it a careful one Protect your Windows servers, including SQL Server and Exchange Server, to tape, REV drive, hard drive, NAS and more, at a fraction of the cost of other backup software Do you want to do it through music? Visual signs? Do you want them to guide you through humorous events? You decide

Frank Gore Jersey

Anoniem zei

hOvp ghd hair straightener
bZww ugg boots uk
wBns michael kors sale
5eHrz ugg boots
1iNof chi
9wXqg ghd straightener
3vIfz nfl jerseys
8oKbh ghd hair straighteners
3dGly north face outlet
1lMfb comprar ugg online
7fKwy ghd mk4
1kErl michael kors
1uWpb nfl jerseys
7iQcx planchas ghd baratas
6gUtl ugg boots sale

Anoniem zei

1xHqq ghd australia
sHal ugg boots uk
lWvf michael kors outlet
8oUpu GHD
1sSjl burberry handbags
3gEkt ugg australia
1kVdr ghd nz sale
5dCiw louis vuitton outlet
9tFso Michael Kors
1kFcm ghd straightners
1sMyh ugg boots sale
6kZfj cheap nfl jerseys
6yQtt michael kors outlet
4jRzi ghd france
2zDtg cheap uggs

Anoniem zei

lVsn coach outlet online
cMad cheap uggs
tHqo michael kors outlet
6gRdd cheap ugg boots
1zLbl chi hair straightener
0gMcd michael kors sale
3iYqo cheap nfl jerseys
6gSss coach outlet
3tWag cheap north face
0gEbl botas ugg baratas
7yKqr ghd for sale
6sUev michael kors
3yYwn nike nfl jerseys
0uQav ghd españa
3xFzo ugg sale

Anoniem zei

vSkc coach outlet
tFvt ugg store
uVfm michael kors handbags
9cAur ugg boots cheap
8eXnw chi hair straightener
4wNmo michael kors outlet
7oQio nfl football jerseys
6cAah coach outlet online
5wVjk cheap north face jackets
7tFmu ugg online
1yCur ghd straighteners uk
5lExb michael kors sale
3gThk nfl jerseys
7bQfk planchas ghd baratas
7sFag cheap uggs

Anoniem zei

vOpy coach outlet online
lEll mKxh michael kors outlet
0zQdf cheap ugg boots
4aNsi chi
3yOmc Michael Kors
0tUst nfl jerseys
2qFqm coach outlet store
0iAhh 7vWjf botas ugg españa
1tPgy 1tDlx michael kors outlet
4zWbz cheap nfl jerseys
3hNta ghd
1cGol discount uggs

Anoniem zei

jenson speaker dating http://loveepicentre.com/taketour.php vh1 dating show steve wood

Anoniem zei

discount viagra viagra online xl - viagra soft tabs

Anoniem zei

generic viagra viagra 911 call - generic viagra online australia

Anoniem zei

viagra no prescription buy viagra online in us - how to order viagra from us

Anoniem zei

generic viagra buy viagra jellies - can you buy viagra online safely

Anoniem zei

buy tramadol online buytramadol-online - side effects of tramadol 50mg capsules

Anoniem zei

buy soma online will soma show up dot drug test - soma wellness

Anoniem zei

top [url=http://australia-online-casinos.com/]free casino[/url] coincide the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]free casino bonus[/url] manumitted no consign reward at the chief [url=http://www.baywatchcasino.com/]liberated largesse casino
[/url].

Anoniem zei

buy soma online soma lyrics 10 years - buy soma

Anoniem zei

buy soma soma bras discount code - online soma

Anoniem zei

buy soma generic soma drug test long does stay your system - discount shopping soma san francisco

Anoniem zei

buy soma generic soma drug similar - soma 2012 results

Anoniem zei

soma drug order soma arizona - soma muscle relaxer medication

Anoniem zei

ebook internet million dollars http://audiobookscollection.co.uk/es/Sas-Publishing/m113564/ download harlequin ebook torrents [url=http://audiobookscollection.co.uk/Theodore-Roosevelt/p224082/]ebook singing[/url] ebook writing howto

Anoniem zei

cheap soma soma online canadian pharmacy - illegal buy soma online

Anoniem zei

tramadol without prescription tramadol 50 mg dosing - order tramadol pets

Anoniem zei

xanax online xanax dosage for anxiety disorder - cheap xanax to buy online

Anoniem zei

buy tramadol no prescription generic brand of tramadol - buy tramadol cod fedex

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol hcl mg - tramadol 100mg erfahrungen

Anoniem zei

generic xanax how does xanax pills look - xanax pills sizes

Anoniem zei

xanax online does drug test test xanax - what is alprazolam generic for xanax

Anoniem zei

generic xanax xanax effects weight - generic yellow xanax bars

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol mechanism of action - generic tramadol ingredients

Anoniem zei

buy tramadol online where to buy tramadol online usa - tramadol 50 mg #20

Anoniem zei

tramadol online pharmacy tramadol gabapentin interaction - tramadol for dogs post surgery

Anoniem zei

buy carisoprodol soma carisoprodol effects - carisoprodol 350 mg hydrocodone

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol 50mg dosage dogs - cheap-tramadols

Anoniem zei

alprazolam mg xanax and wine effects - effects yellow xanax bars

Anoniem zei

buy tramadol online buy tramadol online usa - tramadol apap high

Anoniem zei

carisoprodol 350 mg carisoprodol online - carisoprodol many get high

Anoniem zei

buy xanax without prescriptions difference xanax generic xanax - xanax 8mg day

Anoniem zei

buy carisoprodol no prescription carisoprodol 350 mg maximum dosage - carisoprodol 350 mg wat

Anoniem zei

buy tramadol online no prescription tramadol overdose hallucinations - tramadol for dogs cancer

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol 50 mg webmd - ultram/tramadol hcl 50mg

Anoniem zei

generic xanax what does generic xanax look like pill - alprazolam gp 0 5mg

Anoniem zei

xanax online xanax effects on fetus - order xanax xr

Anoniem zei

generic xanax xanax and alcohol tolerance - drug interactions trazodone xanax

Anoniem zei

buy tramadol online buy tramadol no prescription - tramadol kali 083

Anoniem zei

buy tramadol online buy tramadol no prescription 100 mg - tramadol overdose liver failure

Anoniem zei

buy tramadol online methocarbamol and tramadol for dogs - tramadol dosage canine weight

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol hcl effects - tramadol for dogs vs rimadyl

Anoniem zei

buy tramadol online buy tramadol generic ultram - buy tramadol online in usa

Anoniem zei

buy tramadol online order tramadol from usa - tramadol for dogs expiration date

Anoniem zei

order cialis online no prescription cialis online fast delivery - cheap cialis fast

Anoniem zei

tramadol 50mg order tramadol no prescription cheap - tramadol hydrochloride dosage

Anoniem zei

buy tramadol online ultram side effects rash - tramadol 50 mg strength

Anoniem zei

buy cialis professional online generic cialis 4rx - buy cialis online legal

Anoniem zei

cheap tramadol online tramadol pain killer dosage - tramadol withdrawal vertigo

Anoniem zei

cialis online cialis online rx - cialis daily

Anoniem zei

xanax online xanax and alcohol and pot - caffeine pills xanax

Anoniem zei

xanax online generic yellow xanax bars - xanax junkie

Anoniem zei

buy cialis online cialis generic vs brand - cialis online blog

Anoniem zei

xanax online recovering xanax overdose - buy xanax online cheap

Anoniem zei

how to buy cialis online generic cialis purchase - cialis black 800mg reviews

Anoniem zei

xanax online xanax 2mg side effects - xanax dosage long

Anoniem zei

cialis online buy cialis online ireland - buy cialis online cheapest

Anoniem zei

cialis online buy online cialis 20mg - how much does cialis daily cost

Anoniem zei

buy cialis with dapoxetine buy cialis online usa - generic cialis no prescription needed

Anoniem zei

cialis online cialis mechanism of action - cheap generic cialis online

Anoniem zei

generic tadalafil buy cialis by paypal - cialis 30 day reviews

Anoniem zei

buy tramadol generic of tramadol - buy tramadol online no prescription cheap

Anoniem zei

http://landvoicelearning.com/#97734 tramadol gi bleed - cheapest place buy tramadol

Anoniem zei

http://buytramadolonlinecool.com/#50897 buy-cheap-tramadol.org - tramadol 50 mg is equal to

Anoniem zei

http://landvoicelearning.com/#44827 tramadol hcl can it get you high - legal buy tramadol online united states

Anoniem zei

buy tramadol cod overnight tramadol for opiate addiction - cheap tramadol no prescription overnight

Anoniem zei

http://www.integrativeonc.org/adminsio/buyklonopinonline/#8491 largest dosage klonopin - recreational use of klonopin

Anoniem zei

learn how to buy tramdadol buy tramadol hcl 50mg - tramadol withdrawal nhs

Anoniem zei

klonopin anxiety klonopin side effects skin - generic clonazepam manufacturers

Anoniem zei

buy generic tramadol what is tramadol the generic of - tramadol 100 mg experience

Anoniem zei

buy tramadol tramadol high vs hydrocodone - tramadol 50 mg sleep

Anoniem zei

http://landvoicelearning.com/#57594 buy tramadol c.o.d saturday delivery - where can i buy tramadol for dogs

Anoniem zei

buy tramadol buy tramadol online - overdose with tramadol

Anoniem zei

http://landvoicelearning.com/#63987 tramadol dosage 50 lb dog - tramadol withdrawal legs

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol 50 mg vs vicodin - tramadol hcl 50mg dosage

Anoniem zei

buy tramadol in florida buy tramadol dogs usa - where can i buy cheap tramadol

Anoniem zei

buy tramadol online online purchase of tramadol - tramadol addictive or not

Anoniem zei

tramadol 100 buy tramadol usa online - tramadol withdrawal schedule

Anoniem zei

buy tramadol buy tramadol without rx - street value of tramadol 50mg

Anoniem zei

klonopin sale klonopin 2mg pics - can you buy clonazepam online

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol hcl for headache - order tramadol online reviews

Anoniem zei

buy tramadol how get high tramadol - buy tramadol usa

Anoniem zei

tramadol online buy tramadol forum - ultram tramadol ingredients

Anoniem zei

can you buy tramadol online dangers tramadol addiction - tramadol high duration

Anoniem zei

http://landvoicelearning.com/#74967 tramadol 50 mg buy usa - tramadol online for cheap

Anoniem zei

klonopin clonazepam side effects not taking klonopin - wellbutrin and klonopin for anxiety

Anoniem zei

purchase tramadol tramadol withdrawal how long - buy tramadol from usa

Anoniem zei

http://buytramadolonlinecool.com/#50897 tramadol overnight shipping no prescription - get rid tramadol high

Anoniem zei

buy tramadol no rx boompanjang blogspot buy tramadol online - can you buy tramadol usa

Anoniem zei

buy tramadol best place to buy tramadol online reviews - tramadol dosage info

Anoniem zei

http://landvoicelearning.com/#57594 tramadol 50 mg ingredients - buy tramadol online in florida

Anoniem zei

buy tramadol mastercard ultram vs tramadol generic - tramadol 50 mg recommended dose

Anoniem zei

buy tramadol tramadol hcl 50 mg tablets - tramadol for dogs bone cancer

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol journal - tramadol for sale

Anoniem zei

buy tramadol online cheap-tramadols - tramadol interactions

Anoniem zei

buy tramadol tramadol 50 mg medicine - tramadol compared to ultram

Anoniem zei

buy klonopin online cheap klonopin dosage for rls - klonopin withdrawal seizures

Anoniem zei

ativan pharmacy lorazepam 1 mg daily - ativan 7 mg

Anoniem zei

http://reidmoody.com/#51208 ativan online no prescription canada - ativan uses and side effects

Anoniem zei

buy ativan online ativan withdrawal plan - ativan 0.25 mg

Anoniem zei

cheap ativan ativan with alcohol - overdose of ativan side effects

Anoniem zei

http://ranchodelastortugas.com/#50238 xanax overdose amnesia - xanax overdose foaming mouth

Anoniem zei

http://ranchodelastortugas.com/#72895 xanax side effects grapefruit - are xanax pills blue

Anoniem zei

buy tramadol online online pharmacy review tramadol - tramadol legal to order online

Anoniem zei

buy tramadol online buy tramadol online no prescription needed - tramadol while breastfeeding

Anoniem zei

buy tramadol no rx buy tramadol online no prescription mastercard - tramadol withdrawal onset

Anoniem zei

http://staam.org/#21236 how to buy tramadol - buy tramadol with cod

Anoniem zei

buy tramadol online tramadol hcl 50 mg muscle relaxer - order tramadol saturday delivery

Anoniem zei

tramadol overnight shipping tramadol 50mg generic for ultram - buy tramadol buy cod

Anoniem zei

buy tramadol online what is tramadol 100mg - tramadol hcl uses

Anoniem zei

buy tramadol tramadol dosage weight dogs - buy tramadol and soma

Anoniem zei

http://bayshorechryslerjeep.com/#1833 xanax dosage one time - xanax alprazolam 0.5mg

Anoniem zei

nqpd flug nnpt [url=http://www.glouisvuittontaschenoutlet.info/]louis vuitton outlet[/url] azsozr dtlrpj [url=http://www.monclerjackennoutlets.info/]moncler[/url] kpanhy [url=http://sbac.org/de/monclereaby.aspx]moncler outlet[/url] tneovm waxuue [url=http://www.longchampoutletsttaschen.info/]longchamp outlet[/url] mmnaln [url=http://sbac.org/ralphlaureneaby.aspx]polo ralph lauren[/url] ojwiqr [url=http://www.glouisvuittontaschenoutlet.info/]www.glouisvuittontaschenoutlet.info[/url] ymdzkm kggoiyh

Anoniem zei

Ex-officer adds weight to Birmingham Six claims

Here is my webpage - http://horizonbs.com.au.cust.webinabox.net.au/